Marketing Mix : Produk, Prise, Place, Promotion,

sumber : internet


Ini yang akrab ketika membahas marketing. Ketika bicara produk, harga, distribusi dan promosi. 

Lantas produk caleg itu apa? Produk caleg ya dirinya sendiri. Kelebihannya apa. Kompetensinya apa. Caleg memang benar-benar sedang “menjual diri”. Sedangkan profil caleg dan gagasan caleg adalah feature dari produk. Dulu Kang Aher membuat “daftar janji” yang ternyata terbukti efektif. Itulah feature dari produk bermerk Kang Aher.

Sedangkan Prise-nya adalah nyoblos di bilik suara. Ini tidak usah di bahas, karena tidak ada persaingan harga. Harganya sama.

Distribusinya pake apa?  Di mana konstituen mendapat akses ke profil dan gagasan caleg?
Brosur harus tersedia di outlet-outlet. Tersedia di rumah-rumah kader, tim sukses, di posko, warung -warung simpatisan atau simpul-simpul masa. Sedangkan blog adalah sarana efektif yang bisa diakses dari mana saja. Maka saya sarankan agar para caleg segera buat blog. Karena itulah salah satu sarana distribusinya.

Promosinya bagaimana. Kalau kita melihat spanduk yang dipasang di jalan, baliho yang ngejreng, banner di pohon-pohon dan stiker di tiang listrik, itulah salah satu cara promosi. Cara lain adalah via Sosial media, pasang iklan di koran, FB, twitter, BBM, WA de el el.

Kita suka merasa minder kalau sudah bicara promosi ini. Karena Caleg partai lain sudah gencar dari dulu. Di setiap gang di setiap sudut ruang, bejubel banner Caleg (non PKS). Inilah promosi dengan cara bombarding. Membombardir alam bawah sadar konstituen. Diharapkan nanti saat hari coblosan yang diingat ya gambar itu.

Jangan minder dan putus asa, ikhwah. Karena kita masih punya sarana promosi lain yang lebih efektif. Yaitu dengan voice dan communication. Suara itu bisa berupa promosi dari mulut ke mulut atau rekomendasi.
Kekuatan promosi dari mulut ke mulut ini bisa terjadi kalau ada differensiasi yang dirasa spesial. Rekomendasi itu kalau sudah muncul kepercayaan dari orang.

Adapun komunikasi harus dengan dialog. Bukan monolog. Dialog ini, kalau Caleg mau dan mampu membukanya, hasilnya akan luar biasa. Salah satu caranya : sebar nomor Hape, aktif berkicau di Twitter, FB dan Blog. Dan lakukan dialog. Sepertinya caleg Karawang belum banyak yang bisa melakukan ini ya. Artinya kesempatan besar para Caleg PKS untuk turun ke masyarakat. Sapa dengan senyum. Biarkan mereka merasakan getaran cinta para kader.

Contoh Profil CALEG :




Komentar

Postingan Populer